Jumat, 26 Juni 2009

GOOD BYE

kamis 25 juni 2008
sekitar jam 3pagi telepon rumah gue bunyi. gue kira ngapain pagi2 gini nelepon. gak lama setelah itu sekitar jam set.4 ada yang ngetok kamar gue. pas gue buka pintu kamar nyokap dan bokap gue bilang "eyang mama meninggal" gue langsung kaget. eyang mama adalah kakanya kakek gue tapi dia tinggal di rumah kakek gue. semenjak kakek dan nenek gue meninggal yang ngurusin bokap gue dan adekakanya eyang mama yang ngurusin. sehabis itu gue langsung mandi. jam 5 gue berangkat dari rumah ke menteng (rumah eyang gue) hari masih gelap banget,di jalan gue masih percaya gak percaya. gue nyampe di menteng sekitar jam set.6 sewaktu nyampe di sana rumahnya masih sepi sodara gue belum pada dateng. sewaktu gue masuk rumah ternyata emang bener eyang gue udah gak ada. waktu gue dan keluarga gue masuk rumah, bokap gue langung menyium pipi nenek gue. karna disana masih rada sepi gue nunggu di kamar sodara gue dengan sodara2 gue yang lain. sekitar jam set.8 rumahnya pun mulai penuh. pa'de bu'de serta yang lain langsung menangis sewaktu masuk ke rumah. guepun sempet nangis. sebelum eyang gue dimandiin smuanya dari mulai keponakan sampai cucunya disuruh menyium eyang gue. sewaktu gue menyiumnya,pipinya sangat dingin. sesudah itu eyang gue di bawa untuk dimandiin. smua anak dan cucunya yang cewe di suruh ikut memandikannya. gue disuruh menyiram satu kali dari atas kepala sampai kaki. setelah anak perempuan selesai giliran anak yang laki2. setelah itu eyang guepun dibawa kedepan untuk di kafanin. kali ini anak laki2nya tidak boleh ikut. gue liat dari awal sampai akhir, sumpah gue sedih banget dan ini kali pertama gue malihat cara2nya dari mulai di mandiin sampai di kafanin, sesudah itu langsung di solatin. sesudah zuhur sekitar jam 12 eyang gue pun di bawa ke TPU Karet untuk di makamkan. makam eyang gue di gabung dengan makam kaka eyang gue. sewaktu di azhanin (gue gak tau siapa) yang mengazaninnya itu sambil nangis. sesudah di kubur om gue tuh nangis sambil bilang "sama ibu ya disana,sama ibu" guepun juga ikut menangis. bukan cuma om gue aja tapi sodara2 gue juga. makam eyang gue tepat di depan makam nenek gue. om gue pun juga memeluk makam nenek gue sambil berbicara "ibuuuuuuuuuuuuu" beberapa kali. guepun gak tahan ngeliat om gue kaya gitu gue gak tahan nahan tangis. sumpah gue sedih banget nginget om gue kaya gitu aja mata gue udah berair. setelah doa dan sebagainya gue pun pulang kementeng dulu lalu pulang ke rumah. sewaktu di menteng gue bilang sama sodara gue
gue:"tahun ini ada 2 yang meninggal"
sodara:" iya cha, moga2 ini yang terakhir ya"
gue: "iya"

sebelum eyang gue, pa'de gue sekitar bulan meninggal karna terkena serangan jantung dan itu bener2 mendadak banget padahal sebelumnya sehat banget. gue mikir lebaran tahun ini adalah lebaran yang pertama kali keluarga gue gak lengkap dan membuat gue sedih banget.

good bye grand ma

pencerita : echa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar